10 Wisata Purbalingga Yang Hits di Tahun ini.

Wisata Purbalingga

Wisata Purbalingga - Purbalingga adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang berada ditengah Pulau Jawa. Tepatnya di sebelah Selatan Kabupaten Pemalang, atau sebelah Barat Kabupaten Banjarnegara, atau sebelah utara Kabupaten Banyumas.

Letak Purbalingga juga berada tepat di kaki Gunung Slamet, dengan luas 777 Km persegi. Sehingga tidak heran jika Purbalingga memiliki destinasi wisata dengan pemandangan Alam yang indah. Selain alamnya, Purbalingga juga memiliki area wisata buatan berupa kolam renang dan wahana permainan.

Jadi tidaklah salah jika Kabupaten Purbalingga ini dijadikan tujuan wisata Kalian bersama Keluarga. Kalian juga bisa membuat sebuah rencan wisata jelajah jawa tengah. Karena waktu tempuh dari Purbalingga ini ke Yogyakarta hanya 3 sampai 4 jam saja.

Selain itu, Kabupaten ini juga berbatasan dengan Kabupaten Banyumas sehingga Kalian bisa menjadikan Banyumas sebagai tempat singgah wisata Kalian, sebelum Kalian pergi ke Yogyakarta.

Jika Kalian siap berwisata di Purbalingga, Berikut 10 Rekomendasi Wisata Purbalingga Yang Hits di Tahun ini dan bisa Kalian singgahi dan kunjungi bersama keluarga.

Desa Wisata Lembah Asri Serang (D'LAS)

Desa Wisata Lembah Asri Serang (D'LAS)

Desa Wisata Lembah Asri Serang (D'LAS) merupakan Wisata Purbalingga yang menampilkanpesona alam khas gunung. Purbalingga berletak di bawah Kaki Gunung Slamet, sehingga pesona alam gunung yang begitu indah terbentuk secara alami disana.

D'LAS ini merupakan tempat wisata populer di Purbalingga. Selain pemandangan gunung yang Indah, tempat wisata ini dilengkapi berbagai wahana bermain. Seperti ATV, Hutan Pinus, Petik Buah Stroberi, Playground dan lainnya. Selain itu juga terdapat Villa untuk menginap Kalian Sekeluarga.

Wisata Purbalingga D'LAS ini berletak di Desa Krajan, Serang, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Wisata ini buka setiap hari dari jam 08.00 sampai dengan 17.00. Dan sangat cocok dikunjungi pada bulan Juli hingga November atau saat musim panen stroberi.

Jika Kalian ingin berkunjung kesana, disarankan untuk datang lebih awal atau saat jam awal buka. Karena letaknya yang berada didataran tinggi atau dibawah kaki Gunung Slamet, sehingga curah hujan lebih tinggi. Dan saat menjelang malam, biasanya jalan mulai berkabut.

Flower Garden Kutabawa

Flower Garden Kutabawa

Flower Garden Kutabawa merupakan taman bunga yang datanam dengan rapi sehingga sangat indah dipandang. Selain itu tempat wisata ini dilengkapi dengan spot foto yang instramable.

Flower Garden Kutabawa ini berletak di Desa Pejagan 1, Kutabawa, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Tempat wisata ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.00. Selain spot foto yang menarik, Kalian bisa memberi makan kelinci disana.

Karena lokasinya yang masih tergolong dataran tinggi, Kami menyarankan untuk datang lebih awal kesana. Agar Kalian tidak bertemu dengan hujan disana, dan tidak bertemu kabut saat turan atau pulang.

Goa Lawa Purbalingga (GOLAGA)

Goa Lawa Purbalingga (GOLAGA)

Goa Lawa Purbalingga (GOLAGA) ini merupakan destinasi wisata yang menjadi sering dikunjungi, dan menjadi Rekomendasi dari Kami.

Jika diartikan Goa Lawa memliki arti Goa Kekelawar, tentu destinasi wisata Purbalingga yang satu ini memberikan keeksotisan Goa bawah tanah.

Goa ini didalamnya memiliki 14 ruang yaitu Goa Batu Semar, Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, Goa Batu Keris, Goa Ratu Ayu, Goa Langgar, Goa Angin, Goa Moseum Batu, Goa Rahayu, Goa Cepet, Goa Pos, Goa Danau, Goa Lorong Penambahan dan Goa Naga.

Goa-goa ini saling terhubung sehingga Kalian perlu keluar masuk, serta pihak pengelola sudah membuat setapak dengan satu arah, sehingga Kalian tidak akan tersesat. Pihak pengelola juga sudah memberikan lampu didalamnya, jadi goa lawa ini tidak terlalu gelap.

GOLAGA atau Goa Lawa Purbalingga ini berada di Desa Siwarak, Kec. Karangreja, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Wisata Purbalingga ini buka jam 08.00 sampai dengan 17.00. Selain Goa masih ada juga wahan bermain lainnya. Jadi Kalian bisa betah berlama disana.

Masjid Cheng Ho Purbalingga

Masjid Cheng Ho Purbalingga

Masjid Cheng Ho Purbalingga tempat yang tepat untuk beristirahat sejenak sambil berwisata religi. Warnanya yang didominasi merah dan bentuknya yang unik seperti Klentheng atau Pagoda menjadi daya tarik tersendiri.

Masjid ini didirikan oleh seorang salaf dari tionghoa dan berdiri sebagai simbol keharmonisan antar agama. Disamping itu, lingkungan masjid juga berdiri rumah makan dan rest area. Sehingga bisa menjadi tempat untuk beristirahat sejenak, sebelum Kalian melanjutkan tour wisata.

Masjid ini berlokasi di Jalan Raya Selaganggeng, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Tempat wisata ini buka setipa hari dan Kalian bisa mengunjunginya kapan saja.

Letak masjid yang dekat dengan jalan utama dari Kab. Pemalang menuju Kota Purbalingga, sangat cocok untuk Kalian lewati dan singgahi sebelum melanjutkan perjalan panjang Kalian.

OWABONG Waterpark

OWABONG Waterpark

Objek Wisata Air Bojongsari (OWABONG) ini adalah wisata keluarga terbesar di Purbalingga yang betemakan air tentunya. Wisata Purbalingga yang satu ini merupakan wisata andalan di Kabupaten ini. Beraneka ragama wahana bertemakan air disediakan disana.

Wahana air yang tersedia diantaranya Kolam Renang Olympic, Waterboom, Ember Tumpah, Kolam Tsunami dan lainnya. Selain wahana bertemakan air, OWABONG juga menyediakan wahana bermain lainnya seperti Theatre 4D, ATV, Pain Ball dan lainnya.

Objek Wisata Air Bojongsari atau OWABONG ini berlokasi di Jl. Raya Owabong No. 1, Kec. Bojongsari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Buka setiap hari dari jam 08.00 sampai dengan 16.00. Lokasinya yang dekat dengan kota, memungkinkan Kalian kesana disetiap waktu.

Sanggar Luru Ilmu (Sangaluri) Park

Sanggar Luru Ilmu (Sangaluri) Park

Sanggar Luru Ilmu (Sangaluri) Park merupakan tempat wisata bertemakan ilmu pengetahuan tenang flora dan fauna. Dengan luas 3,5 hektar tentu banyak ilmu yang disajikan disana.

Wisata yang tergabung dengan OWABONG Waterpak ini menyediakan wisata berkonsep edukasi dan rekreasi alam, sehingga sangat tepat untuk Kalian berwisata denga Keluarga.

Sangaluri Park ini juga dikenal dengan Taman Reptil Purbalingga, tentu saja didalamnya banyak beraneka hewan reptil. Selain itu juga tesedia museum dan taman edukasi yang terbilang lengkap.

Sanggar Luru Ilmu atau Sangaluri Park ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai dengan 15.00. Tempatnya tidak jauh dari OWABONG Waterpark, kurang lebih hanya 5 sampai 10 menit. Jadi bisa Kalian masukan dalam daftar perjalan wisata Kalian.

Kolam Renang Tirta Asri Walik

Kolam Renang Tirta Asri Walik

Kolam Renang Tirta Asri Walik atau bisa dikenal dengan Kolam Renang Walik ini merupakan kolam renang tertua di Purbalingga. Seperti pada umumnya, didalamnya terdapat satu kolam renang besar berukuran 20 x 40 meter dan kolam anak.

Yang membedakan adalah air yang digunakan bersumber langsung dari mata air pegunungan, tentu Kalian bisa merasakan kesagaran airnya. Selain itu juga terdapat beberapa wahana menarik lainnya seperti waterboom dan lainnya.

Disana juga terdapat sebuah perbukitan yang didesain untuk bersantai lengap dengan Gasebo yang ditata rapi. Kalian bisa bersantai sambil menikmati sejuknya udara perbukitan.

Kolam Renang Tirta Asri Walik ini berlokasi di Desa Kutasari, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Buka setiap hari dari jam 06.00 sampai dengan 17.00. Lokasinya tidak jauh dari Sangaluri Park, jadi Kalian bisa mampir kasana jika memungkinkan.

Telaga Situ Tirta Marta

Telaga Situ Tirta Marta

Telaga Situ Tirta Marta merupakan Wisata Purbalingga yang masih bertemakan air. Air yang berada disana merupakan mata air asli pegunungan, sehingga benar-benar jernih hingga dasar. Seain itu pemandangan disekitarnya juga indah, dengan pepohonan yang rindang.

Selain itu Wisata Purbalingga yang satu ini juga menyediakan spot foto dalam air yang dilengkapi dengan barang pelengkapnya, sehingga instagrameble.

Kolam Telaga Situ Tirta Marta ini memiliki kedalaman yang beragam, jadi bisa untuk anak kecil. Selain itu juga terdapat wahana lainnya seperti Outbond, Flying Fox dan lainnya.

Telaga Situ Tirta Marta ini berlokasi di Desa Karangcegak, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Buka setiap hari dari jam 07.00 sampai dengan 17.00. Namun tetap mengawasi anak Anda jika berenang disini, karena kolam ini memiliki kedalam yang beragam dalam satu kolam.

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas

Purbasari Pancuran Mas merupakan ikon Destinasi Wisata Purbalingga yang bertemakan wisata edukasi. Wisata Purbalingga yang satu ini pernah mendapatkan penghargaan dari Kementrian Parawisata untuk kategori Tata Kelola dalam ajang Indonesia Sustainable Tourism Award di tahun 2018.

Berbagai wahana ada didalamnya seperti Planet Aquarium, River Word, Exotic Bird Park, Diorama Satwa, Waterboom, dan lainnya.

Purbasiri Pancuran Mas berletak di Jalan Raya Purbayasa, Kec. Padamara, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Buka setiap hari dari jam 0.7.30 sampai dengan 15.00. Lokasinya dekat dengan jalan alternatif ke Purwokerto, jadi sangat memungkinkan Wisata Purbalingga ini masuk dalam daftar tujuan Kalian.

Alun Alun Purbalingga

Alun Alun Purbalingga

Alun Alun Purbalingga menjadi penutup Rekomendasi Wisata Purbalingga dari Kami. Tempat yang satu ini merupakan pusat kota Purbalingga, tentu berletak di tengah kota. Taman ini merupakan lataran dari Kantor Bupati.

Wisata bertemakaan pusat kota ini bisa menjadi tempat Kalian dan Keluarga menikmati suasana di Kota Purbalingga, dan tentunya juga terdapat wahana yang menarik dan bisa menjadi tempat foto yang Instagramabel. 


Itulah 10 Rekomendasi Wisata Purbalingga Yang Hits di Tahun Ini dan bisa Kalian singgahi dan kunjungi bersama keluarga. Sebenarnya masih banyak lagi yang belum ada dalam artikel kali ini. Kalian bisa masukan di dalam kolam komentar. Terima Kasih.

Sumber: Tourism Rank Indonesia.

Next Post Previous Post