Pengertian Artikel Pilar dan Contoh Artikel Pilar

Pengertian Artikel Pilar dan Contoh Artikel Pilar

Artikel Pilar atau biasa disebut dengan Konten Pilar merupakan salah satu teknik SEO yang masih sering digunakan dalam web blog. Karena dengan menggunakan artikel ini Kita dapat menjangkau banyak kata kunci atau keyword.

Sebelum Kita masuk dalam pembahasan Artikel Pilar Kami akan menjelaskan tentang apa itu SEO dan apa itu Search Engine, agar Kalian tidak bingun nantinya.

Lalu apa itu Teknik SEO? Seo merupakan kependekan dari Search Engine Optimization atau pengoptimasian mesin pencari. jadi teknik SEO adalah sebuah teknik untuk mengoptimalkan website blog agar mudah dicari oleh mesin pencari.

Sedangkan mesin pencari adalah sebuah website yang dirancang untuk mencari dokumen-dokumen yang tersimpan di Internet. Contoh dari Search engine adalah Google, Bing, Yahoo, Yandex dan lainnya.

Jika Kita sudah memahami Teknik SEO dan Search Engine, maka Kita akan masuk dalam pembahasan Artikel Pilar.

Pengertian Artikel Pilar

Artikel Pilar atau Konten Pilar adalah sebuah Artikel yang mencangkup semua Keyword atau Kata Kunci dalam jangkauan satu Niche atau satu tema pembahasan.

Yang perlu Kita garis bawahi adalah dalam Satu Niche atau satu tema pembahasan. Jadi satu Artikel Pilar tidak boleh mencangkup banyak tema pembahasan.

Semisalnya Kalian membahas Kacamata Anti Radiasi, jadi dalam artikel pilar itu hanya mencangkup kata kunci Kacamata Anti Radiasi saja, tidak boleh sampai kalian membahas Kacama Renang, Kacamata Kuda dan lainnya. Walau semua tersambung dalam Kacamata.

Maka dari itu sangat penting jika Kalian meriset Kata Kunci atau Keyword dahulu sebelum Kalian membahas Artikel jenis ini.

Contoh dan Cara Membuat Artikel Pilar

Agar Kalian tidak bingung, Kami akan memberikan contoh dan cara Artikel jenis ini. Namun sebelum Kalian lanjut, Kalian harus sudah membuat akun Google Ads, Karena Kita akan meriset kata kunci beserta turunannya melalu Google Keyword Planner.

Jika kalian belum membuatnya, Kalian bisa membaca "Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Riset Keyword".

Kami anggap Kalian sudah membuatnya, Ok Kita akan langsung membuat Artikel PIlar ini. Tahapannya adalah sebagai berikut.

  1. Masuklah ke akun Google Ads Kalian, dan masuk dalam Google Keyword Planner.
  2. Jika sudah pilih "Temukan kata kunci baru" dan Kalian masukan Kata Kunci yang Kalian Bidik Sebagai contoh Kami akan mencari Kata Kunci "Kacama Anti Radiasi".
  3. Lalu Kalian Klik "Tampilan kata kunci" pada pojok kanan yang terdapat tanda panah kebawah. Dan Kalian pilih Tampilan Berkelompok.
  4. Maka semua kata kunci sudah dikelompokan. Pilihlah Kata Kunci atau Keyword yang bisa Kalian gunakan sebagai Sub Domain.
  5. Sebagai Contoh Saya Akan memilih Kacamata Radiasi Anti Terbaik, Kacamata Radiasi Anti Komputer, Kacamata Radiasi Anti Hp, Kacamata Radiasi Anti Blueray Kacamata Radiasi Anti Uv, Photocromic Bedanya dan Photocromic Blueray.
  6. Setelah Kalian memilihnya Kalian bisa mulai merangkai menjadi kerangka Artikel.
  7. Sebagi contoh:
    Judul: Kacamata Anti Radiasi Terbaik.
    Sub Judul: Kacamata Anti Radiasi Komputer dan HP.
    Sub Judul: Kacamata Anti Radiasi UV.
    Sub Judul: Kacamata Anti Radiasi Blueray dan Photocromic.
    Sub dari Sub Judul: Beda Kacamata Photocromic dan Photocromic Blueray.
  8. Setelah itu Kalian kembangkan Artikelnya. Tidak perlu Kalian jelaskan secara detail, namun cukup Kalian jelaskan secara garis besar.
  9. Setalah Kalian jelaskan secara garis besar.

Maka Artikel pilar sudah jadi. Namun karena Kita hanya membuat penjelasan secara garis besar saja. Maka Kita perlu membuat Artikel Pendukungnya.

Pengertian, Contoh dan Cara Membuat Artikel Pendukung

Apa itu Artikel Pendukung? Artikel Pendukung adalah penjelasan terperinci dari setiap sub judul dari Artikel Pilar. Kita hanya membuat penjelasan secara garis besar pada Artikel pilar bukan, maka untuk menjelaskan secara terperinci Kita akan membuat Artikel Pendukung di setiap Sub bab dari Artikel Pilar Kita.

Untuk cara membuatnya hampir sama dengan membuat Artikel Pilar tadi. Yang berbeda ada di pengambilan Kata Kuncinya. Untuk Artikel Pendukung Kata Kunci atau Keyword diambil dari Dalam Kelompok Kata kunci yang Kita ambil untuk Sub Judul.

Untuk lebih jelas tahapannya sebagai berikut:

  1. Masih dalam Google Keyword Planner, Kalian klik tanda panah disebelah kiri dari keyword yang Kalian pilih Untuk Sub Bab pada Artikel Pilar.
  2. Setelah itu Kalian tata hingga menjadi sebuah kerangka Artikel. Sebagai contoh, Kami mengambil Sub Bab: Kacamata Anti Radiasi UV pada Artikel Pilar.
  3. Untuk Keyword turunannya Kami mengambil Kacamata Anti Radiasi dan UV, Kacamata Anti Radiasi UV 400. Sehingga menjadi sebuah kerangka: Judul: Kacamata Anti Radiasi UV 400. Sub Judul: Pengertian Kacamata Anti Radiasi dan Sinar UV. Sub Judul: Perbedaan Kacamata Anti Radiasi Sinar UV Biasa Dengan Anti Radiasi UV 400.
  4. Dan tinggal menulis penjelasan secara terperinci. Maka Artikel Pendung sudah jadi.

Bagaimana? Sangatlah mudah bukan. Semua hanya kreatifitas dari riset yang Kalian temukan. Jadi mahalnya artikel pilar karena Mereka menjual kreatifitasnya. Semoga Bermanfaat.

Next Post Previous Post