Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga, Wisata Alam Serang Pratin

Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Wisata Goa Lawa Purbalingga atau biasa disebut dengan GOLAGA merupakan destinasi wisata serang pratin Purbalingga. Goa ini tidak seperti kebanyakan goa lainnya yang terbentuk alami dari bebatuan kapur.

Wisata Purbalingga ini terbentuk dari bebatuan, hasil dari lava Gunung Slamet yang mengeras / membeku.

Goa ini diperkirakan memiliki panjang 1,5 Km dan luas kurang lebih 5 Km, untuk menjelajahi keseluruhan Goa ini, Kalian bisa menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit.

Goa Lawa diambil dari bahasa jawa yang memiliki arti Goa Kekelawar, sehingga pada bagian depan terdapat sebuah patung kekelawar besar yang menjadi ikon dari tempat wisata ini.

Saat Kalian menjelajah goa ini, Kalian akan merasakan sensai yang berbeda dari goa yang lain. Kalian juga bisa bersantai di Gazebo dan Coffee Shop di sekitar sana.

Alamat Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Objek Wisata Alam ini berlokasi di Desa Siwarak, Tepatnya Desa Siwarak, Rt. 01 Rw. 07, Kecamatan Karangreja. Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Jarak antara Kota Purbalingga dengan Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga sekitar 25 Km, dengan perkiraan waktu kurang lebih 43 menit. Namun karena lokasinya berada di bawah Kaki Gunung Slamet, Kami sangat menyarankan untuk datang lebih awal kesana, karena curah hujan yang cukup tinggi dan juga kabut pada sore hari.

Jam Operasional Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Wisata Serang Purbalingga ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 04.00 sore hari. Dan buka setiap hari dari hari senin sampai dengan minggu. Jadi Kalian bisa mengunjugi kapanpun, bersama keluarga dan teman-teman Kalian.

Tiket Masuk Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Untuk tiket masuknya ke GOLAGA ini berbeda-beda, tergantung dari hari Kalian datang kesana. Berikut rincian dari harga tiketnya:

  • Hari biasa (Senin sampai dengan Jum'at) Rp. 20.000 per orang.
  • Hari Libur dan Akhir Minggu (Sabtu dan Minggu) Rp. 25.000 per orang.
  • Untuk anak dibawah umur 3 tahun tidak wajib membayar tiket.

 

Fasilitas Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Banyak fasilitas yang disediakan pihak pengelola Goa Lawa Purbalingga ini. Beberapa fasilataas umum yang bisa Kalian nikamati adalah:

  • Tempat parkir yang lebar dan luas.
  • Kamar kecil (WC).
  • Tempat pentas seni.
  • Tempat beristirahat (Gazebo).
  • Tempat ibadah (Mushola).
  • Rumah makan.
  • Wahana bermain anak-anak.
  • Area Spot Foto yang Instagramable

Daya Tarik Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Banyak sekali daya tarik dari Goa Lawa ini, mulai dari Sejarah Goa Lawa, Cerita Misteri Goa Lawa, Batik Gowa Lawa, serta berbagai fasiltas yang ada didalamnya. Berikut Daya Tarik Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga:

Sejarah Goa Lawa Purbalingga

Goa ini terbentuk pada 10 tahun yang lalu, akibat erupsi Gunung Slamet yang mengakibatkan lava mengalir ke lereng-lereng gunung. Goa ini terbentuk secara alami dengan berbagai ornamennya yang membentang seperti sayap kekelawar. Karena bentuk itulah Goa ini disebut sebagai Goa Lawa atau Goa Kekelawar.

Misteri Goa Lawa Purbalingga

Dibalik keindahan Goa Lawa Purbalingga ini, terdapat cerita misteri yang beredar dimasyarakat sekitar. Kisah itu dimulai saat berkembangnya Agama Islam di Pulau Jawa.

Tokoh agama bernama Ki Sutaraga memberi tugas untuk menjaga dan mengembangkan agama Islam disekitar Goa kepada dua pengikutnya yang merupakan seorang mubalik, yaitu Akhmad dan Mohamad.

Dalam tugasnya, mereka tergoda oleh dua putri cantik bernama Endang Murdaningsih dan Endang Murdaningrum, yang merupakan petapa di Goa ini.

Karena Akhmad dan Mohamad terpesona dengan kecantikan kedua putri ini, akhirnya mereka menggoda kedua putri itu. Hingga akhirnya kabar ini terdengar oleh Ki Sutaraga. Sehingga Ki Sutaraga murka dan mengutuk mereka menjdai seekor warak atau badak.

Berjelajah Goa

Destinasi GOLAGA yang utama dalah goa. Kalian dapat berjelajah diadalamnya. Walau sudah dibuat jalan setapak dan satu arah, namun karena cuaca pegunungan membuat jalan ini menjadi agak licin. Jadi Kalian harus berhati-hati.

Agar Kalian tidak bingun, pihak pengelola juga sudah memberikan petunjung arah, mulai dari masuk hingga keluar goa. Serta terdapat petugas yang berjaga di sekitar goa.

Yang unik dari Wisata Goa Lawa Purbalingga ini adalah penerangan berupa lampu warna-warni pada mulut goa sampai dengan keluar goa.

Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Untuk goa sendiri terdapat 14 ruangan, diantaranya adalah Goa Batu Semar, Goa Waringin Seto, Goa Dada Lawa, Goa Batu Keris, Goa Ratu Ayu, Goa Langgar, Goa Angin, Goa Museum Batu, Goa Rahayu, Goa Cepet, Goa Pos, Goa Danau, Goa Lorong Penembahan dan Goa Naga.

Wahana Seru

Setelah lelah berjelajah goa, Kalian bisa menikmati berbagai wahana yang seru, asik dan menyenangkan. Seperti Outbond, zona permainan anak dan lain-lain.  

Coffe Shop

Sebelum berjelajah, Kalian juga bisa menikmati secangkari kopi di Kedai Kopi dalam goa. Kalian akan merasakan sensai mengopi dengan suasana yang berbeda dengan nuansa yang berbeda pula.

Berfoto Ria

Banyaknya spot foto yang instagramable tentu membuat Kalian mudah berfoto ria. Mulai dari Patung Kekelawar besar, hingga didalam goa. Kalian tidak akan bingung untuk mencari spot foto yang unik dan menarik.

Penginapan Sekitar Objek Wisata Alam Goa Lawa Purbalingga

Hotel di Goa Lawa Purbalingga

Hotel di Goa Lawa Purbalingga sudah disediakan oleh PT. Angkasa Pura I yang bekerjasama dengan pihak pengelola. Terdapat 6 unit homestay berbentuk buah nanas dan 1 homestay untuk keluarga

Untuk tarif penginapan ini, Kami tidak mengetahuinya. Karena kurangnya data yang masuk ke Kami.

Sumber: Tourism Rank Indonesia

Next Post Previous Post