8 Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Search engine

8 Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Search engine

Cara Agar Blog Muncul di Pencarian Google Search Engine merupakan metode SEO yang akan Kita gunakan untuk mendatangkan trafik pada situs jualan Kita. Karena dengan masuk kehalaman pertama Google, tentu akan membuat situs penjualan Kita mudah ditemukan.

Jika kalian perhatikan situs marketplace seperti shopee, tokopedia dan lainnya. Pasti terdapat sub menu Blog, sub menu inilah yang akan Kita Optimasikan. Agar saat pengunjung mencari informasi seputar barang yang Kita jual, Mereka mengunjungi situs penjualan Kita. 

Beberapa tahapan yang bisa Kalian gunakan untuk masuk halaman pertama Google adalah:

Carilah Kata Kunci Dengan Persaingan Yang Kecil

Kata Kunci atau yang biasa disebut keyword adalah sebuah kata atau sebuah kaliamat yang diketikan di kolam pencarian search engine. Seperti halnya jika Kalian mencari sebuah artikel di Google, maka kalian akan mengetikan dikolom pencarian tersebut. Itulah yang disebut kata kunci.

Lalu mengapa Kita harus mencari keyword dengan persaingan yang kecil? Karena dengan mencari kompetitor yang rendah, tentu peluang situs jualan Kita masuk halaman pertama Goggle semakin besar.

Untuk cara merisetnya silahkan baca "Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Riset Keyword".

Pilih Longtail Keyword

Longtail Keyword merupakan keyword turunan dari keyword utama yang memiliki kata lebih panjang dari kata kunci utama. Sebagai contoh jika Kalian mencari Kacamata Anti Radiasi sebagai keyword utama, tentu saja persaingannya akan ketat.

Untuk itu Kalian perlu menggunakan kata kunci turunan agar mempersempit persaingan, sehingga keyword Kacamata Anti Radiasi menjadi Kacamata Anti Radiasi Yang Bagus.

Selain memudahkan untuk masuk halaman pertama Google, ini juga memudahkan kita dalam menulis artikel. Karena Kita cukup terfokus pada satu pembahasan yang spesifik saja.

Buatlah Artikel Pilar Yang Sesuai dengan Topik Situs Penjualan

Apa itu Artikel Pilar? Artikel pilar adalah sebuah artikel yang mencangkup keyword atau kata kunci beserta turunan-turunannya, sehingga artikel dapat memberikan semua informasi dari keyword yang kita bidik.

Sebagai contoh, semisal kita mengincar Kacamata Anti Radiasi sebagai kata kunci, maka untuk kata turunannya adalah Anti Radiasi HP, Kacamata Baca Anti Radiasi, Kacamata Anak Anti Radiasi, Kacamata Anti Radiasi Yang Bagus dan Baik dan lainnya.

Kalian bisa membuat kerangka artikel dari semua keyword turunan atau kata kunci yang terkait dengan kata kunci utama. Misalnya Kacamata Anti Radiasi Yang Bagus dan Baik sebagai judul utama, lalu Tentang Anti Radiasi HP sebagai sub judul dan seterusnya.

Lalu buatlah keterangan disertai gambar untuk setiap sub judul di artikel itu. Sehingga artikel Kalian kaya akan informasi dan kata kunci.

Untuk lebih jelasnya Kalian bisa membaca "Pengertian Artikel Pilar dan Contoh Artikel Pilar".

Buatlah Artikel Pendukung Yang Sesuai Dengan Topik Sub Judul di Artikel Pilar

Apa itu Artikel Pendukung? Artikel pendukung adalah artikel yang menjelaskan secara detail tentang sub judul yang berada di Artikel Pilar. Karena sub judul pada artikel pilar itu tidak dijelaskan secara detail, maka Kita harus menjelaskan lebih lengkap dengan cara membuat Artikel Pendukung.

Sebagai contoh Kalian telah membuat Artikel Pilar dengan judul utama Kacamata Anti Radiasi Yang Bagus dan Baik. Lalu didalam artikel tersebut Kalian masukan sub judul Kacamata Baca Anti Radiasi. Tentu Kacamata Baca Anti Radisai ini masih mempunyai keyword turunan.

Jadi Kalian buat kembali Artikel Pendukunnya Kacamata Baca Anti Radiasi dengan metode yang sama seperti pembuatan Artikel Pilar, namun akan lebih spesifik lagi tentunya.

Buatlah Artikel Yang Ramah Pembaca dan Ramah SEO

Artikel merupakan hal penting dalam web berbasis informasi atau biasa disebut web blog. Sehingga Kalian harus benar-benar memperhatikannya. Seperti SILO (System Internal Link Optimazation), Tata Bahasa dan lainnya.

Lalu bagaimana cara yang benar dalam membuat artikel? Artikel yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan tata tulis dan bahasa yang baik sehingga enak dibaca dan mudah dipahami.

Selain itu artikel yang baik juag memperhatikan struktur pada bagan artikel seperti penempatan judul utama, sub judul, Deskripsi artikel, daftar isi dan lainnya, sehingga mudah dipahami oleh robot Crawl Google.

Kalian juga harus memperhatikan gambar yang akan Kalian masukan dalam artikel. Perhatikan ALT gambar juga Title pada gambar. Selain itu penamaan file gambar juga harus diperhatikan.

Untuk lebih jelasnya Kalian bisa baca artikel Kami tentang Artikel Pilar.

Hindari Copy Paste Artikel (Plagiat Artikel)

Copy Paste artikel atau yang biasa disebut dengan plagiat artikel merupakan sebuah tindakan yang merugikan pembuat artikel dan juga merugikan Kalian sendiri.

Mengapa Plagiat merugikan pembuat Artikel dan Kita Sendiri? Karena dengan mengkopi artikel situs jualan yang Kalian buat akan dianggap jelek, bahkan bisa terkena pinalti dari Google atau dikenal dengan sebutan DeIndex. Sedangkan untuk pembuatnya bisa menurunkan peringkatnya, seandainya authoriti dari domainnya kecil.

Jadi hindari cara copy paste artikel secara mentah, jika menggunakan spin artikel ataupun rewrite atau menulis ulang, ini masi bisa ditolelir selama tidak terdeteksi duplikat oleh robot Google.

Daftarkan Situs Penjualan di Google Search Consule

Apa itu Webmaster Tools? Webmaster Tools merupakan sebuah web yang disediakan Google secara gratis untuk para publisher agar memudahkan Robot Google menemukan situs Kita.

Data informasi yang diberikan didalamnya juga sangat berguna untuk membantu Kita dalam Optimasi website Kita. Sehingga kita bisa melakukan langkah-langkah yang tepat dalam optimasinya.

Mendaftar Sebagai Pengiklan di Google Ads

Apa itu Google Ads? Merupakan layanan dari Google untuk beriklan. Kalian tidak perlu repot memperhatikan SEO pada artikel. Kalian hanya perlu meriset saingan Kalian dalam pengiklanan Google saja.

Namun tentu ini tidaklah gratis, namun bisa dibilang lebih murah dari pada Kalian mengiklan di televisi ataupun media cetak.

 

Itulah cara agar blog muncul dalam mesin pencari Google. Jika kalian belum jelas, silahkan Kalian tanyakan pada kolom komentar. Kami akan berusaha menjawab sebisa kami. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan selamat berjualan.

Next Post Previous Post