Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Nol Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Online Shop dari Nol Bagi Pemula: 1. Menentukan Target Pasar. 2. Membuat Landing Page. 3. Melakukan Pemasaran.
Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Nol Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Online sering sekali jadi pertanyaan untuk kalian yang ingin memulai bisnis online dari Nol. Padahal ilmu bisnis online banyak sekali di Internet dan dapat dipelajari oleh siapapun, termasuk Anda yang baru mau terjun di Digital Marketing ini.

Di artikel ini, saya akan memberikan Cara memulai bisnis Online secara garis besar. Anda bisa mendapatkan detail dari setiap langkahnya pada artikel saya yang lainnya, yang saya berikan linknya pada setiap sub babnya di artikel ini.

Dimulai dari menentukan produk yang akan Anda jual, sampai dengan cara memasarkannya melalui optimasi website dan iklan di media sosial. Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula? Simak tahapannya di bawah ini.

Cari Produk Untuk Jualan Online

Cari Produk Untuk Jualan Online

Tahapan yang satu ini seharusnya Anda sudah siap, karena sangat lucu jika Anda ingin berjualan namun anda tidak memiliki produk yang akan Anda jual. Namun berbeda cerita jika Anda hanya memiliki modal kecil, atau bahkan tidak memiliki modal, sudah pasti Anda tidak memiliki produk untuk dijual.

Namun, Anda masih bisa menjual produk orang lain dengan cara System Dropship. Karena dengan system ini Anda masih bisa berjualan walau dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun. karna dengan System Dropship ini Kita tidak perlu menyetok atau menyediakan barang.

Untuk lebih jelasnya tentang System Dropship Anda bisa membaca "Barang Yang Bisa Dijual Online, Berikut 2 Cara Mencarinya".

Kuasai Produk Bisnis Anda

Kuasai Barang Yang Akan Dijual

Setelah Anda memiliki barang yang akan Anda jual, saatnya sekarang anda menguasi barang yang Anda jual. Kenapa harus menguasi barang yang Kita jual? Karena dengan menguasi barang yang Anda jual, Anda dapat memberikan informasi secara lengkap barang Anda.

Anda pasti pernah mendengan 5W 1H yang terdiri dari What, Who, When Why, Where, dan How, artinya Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Di Mana, dan Bagaimana. Jika Anda tidak menguasai barang yang anda jual, sudah pasti Anda akan kesulitan dalam menjawab pertanyaan itu.

Untuk lebih jelasnya tentang cara menguasi barang yang Anda jual, Anda bisa membaca"Kuasai Produk Bisnis Sebelum Memperkenalkan Produk".

Riset Pasar

Riset Pasar

Setelah Anda menguasai barang yang akan dijual, saatnya Anda melakukan riset pasar. Mengapa harus melakukan riset pasar? Karena Anda harus mengetahui taget pasar Anda sendiri, kompetitor atau pesaing Anda dan yang terpenting adalah potensi produk Anda.

Anda membutuhkan data ini untuk membangun pondasi yang kuat dalam bisnis online Anda sendiri. Dengan cara inilah Anda bisa mendapatkan data-data tersebut, dan memulai mengambil keputusan dari mana Anda memulainya. Bukan hanya sekedar opini ataupun asumsi saja.

Mungkin saja Anda sudah mendengar kata-kata dari Bob Sadino "Orang goblok ga pernah mikir yang penting melangkah, orang pinter kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah". Namun Anda tidak bisa mengambil kata-kata itu mentah-mentah.

Sebagai contoh, Anda akan menjual kaca mata anti radiasi, tanpa Anda riset pasar dan pesaing, Anda pasarkan melalui Facebook Ads ataupun Instagram Ads. Apakah akan ada transaksi? Pasti ada namun belum tentu berimbang dengan biaya yang akan Anda keluarkan. Karena target pasar yang tidak jelas.

Berbeda cerita jika Anda meriset pasar terlebih dahulu lalu Anda tentukan arah iklan Anda di Facebook Ads, Instagram Ads ataupun Google Ads. Apakah akan ada transaksi? Pasti ada, karena target pasar yang jelas sehingga kemungkinan besar biaya iklan yang Anda keluarkan bisa berimbang.

Begitupun dengan meriset kompetitor, jika kompetitor Anda kecil, Anda bisa menekan biaya iklan produk. Bahkan bisa mengalihkan biaya iklan produk untuk pelayanan. Misalnya Anda berikan sebuah hadiah kecil jika membeli banyak, atau gratis ongkos kirim ataupun yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang Cara Meriset Pasar Anda bisa membaca"".

Buat Website Ataupun Landing Page

Buat Website Ataupun Landing Page

Setelah Anda mengetahui target pasar Anda, selanjutnya buatlah sebuah website resmi produk Anda, dan juga buat sebuah Landing Page untuk produk yang sedang naik daun atau tranding. Kenapa harus sebuah website? Kan sudah banyak Marketplace atau Toko Online?

Simpelnya angap Marketplace adalah sebuah Mall besar. Jika kita datang ke Mall dan akan membeli kaca mata anti radiasi, pasti akan deretan toko kaca mata disana, yang terjadi adalah persaingan harga antara toko yang satu dan yang lainnya. Yang sanggup banting harga sudah pasti akan ramai.

Sisi negatif lainnya adalah saat mengiklankan, Anda berniat mengiklankan produk Anda dan diarahkan ke toko Anda yang berada di Marketplace. Perhatikan pada bagian bawah, pasti akan ada barang lainnya, atau barang serupa, ataupun barang tervaforit yang merupakan toko kompetitor Anda

Dan ternyata harganya lebih murah dari barang Anda. Tentu pelanggan yang datang melihat barang kompetitor itu akan memilih kesana, dan Anda akan rugi pada biaya iklan tersebut.

Beda halnya jika Anda membangun sebuah Website atau Landing Page sendiri. Pelanggan tidak akan menemukan barang lain selain barang Anda sendiri, Anda tidak perlu banting harga, dan yang terpenting adalah saat Anda mengiklankan barang Anda, tentu hanya toko dan barang Anda saja yang terdapat di iklan itu sendiri

Untuk membuat Website ataupun Landing Page yang baik dan benar, Anda bisa membaca "".

Pasarkan Produk

Pasarkan Produk

Setelah semua siap, saatnya Anda memasarkan bisnis online Anda. Namun, tahap ini yang paling rumit, dan tidak bisa asal-asalan. Anda harus mempunyai strategi yang pas untuk memasarkan produk anda itu. Agar bisa menghasilkan transaksi.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan Bisnis Online Anda:

Google My Business

Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku merupakan fitur yang disediakan Google untuk para pembisnis. Informasi yang dibutuhkan pelanggan ada disana, mulai dari nama toko, alamat dari toko, email, jam operasional toko, website dari toko, foto toko, bahakan review dari pelanggan toko tersebut.

Jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mendaftarkan toko ataupun bisnis online Anda di Google My Business ini. Dengan Anda mendaftarkan Bisnis Online Anda di Google My Business ini, toko Anda akan akan muncul di Google Maps.

Bukan hanya itu, ada fitur Google yang memilih sebuah lokasi terdekat saat pelanggan mencari di Google Search. Jadi menurut Saya, ini merupakan fitur yang bagus untuk mempromosikan bisnis online ke pelanggan terdekat Anda.

Untuk cara mendaftar Google My Bussines Anda bisa membaca "".

Optimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Optimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Apa itu Search Engine Optimazion atau SEO? SEO adalah teknik pengoptimalan Website di mesin pencari seperti Google, Bing ataupun Yahoo agar mudah ditemukan dan masuk peringkat pertama. Teknik ini mungkin terdengar mudah, namun jika Kita tidak mengetahui tahapannya, tentu akan mengalami kesulitan.

Ditambah lagi perkembangan website yang semakin tahun semakin banyak, tentu akan semakin sulit. Anda harus bersaing dengan ratusan ribu website, dari website Marketplace, portal berita, web blog dan lainnya. Namun Saya akan memberi pengarahan sedikit demi sedikit untuk teknik ini.

kalian bisa memulai dengan cara Submit URL ke Search Engine di artikel "".

Optimalkan Sosial Media

Optimalkan Sosial Media

Perkembangan Sosial Media sudah tidak diragukan lagi. Semua kalangan dan semua usia sudah menggunkan dan memiliki akun sosial media. Bahkan tidak sedikit yang memiliki lebih dari satu akun sosial media. Jadi sosial media merupakan alat pemasaran yang baik.

Namun, tanpa adanya strategi yang tepat, penggunaan sosial media akan menjadi hal yang sia-sia. Oleh karena itu, sangat Saya sarankan, Anda membuat sebuah akun baru khusus untuk bisnis online Anda dan menetukan target pasar Anda.

Untuk memaksimalkan penggunaan Media Sosial Anda bisa membaca "".

Memanfaatkan Iklan

Memanfaatkan Iklan

Untuk tahap ini Anda harus menyiapkan modal lebih untuk memasang iklan, dan juga tahapan ini untuk Anda yang memiliki kompetitor yang berat.

Karena seperti yang Saya jelaskan diawal tadi, jika Anda memiliki biaya lebih dan kompetitor Anda kecil, lebih baik biaya untuk iklan ini digunakan untuk memberikan pelayanan tambahan.

Namun jika kompetitor Anda berat maka cara iklan ini merupakan jalan yang baik untuk menaikan penjulan. Untuk Anda yang ingin memanfaat iklan ini, Anda bisa baca Artikel "".

 

Itulah Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Nol Bagi Pemula. Saya memberikan Disclaimer, Saya tidak bisa menjamin apa yang Saya berikan bisa memberikan peningkatan penjualan yang sigifikan, mungkin saja hasil dari setiap individu berbeda.

Karena seperti yang Kita tau, bahwa rezeki sudah ada yang menentukan, Kita hanya diwajibkan untuk berusaha. Dan Semoga Sukses Untuk Anda.