Cara Dropship dari Shopee ke Shopee dan Marketplace Lainnya

Cara Dropship dari Shopee ke Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Marketplace Facebook. Juga cara Dropship dari Shopee ke Facebook COD.

Cara Dropship dari Shopee ke Shopee dan Marketplace Lainnya


Cara Dropship sangat sering dicari oleh pelaku bisnis tanpa modal. Ini karna dengan Dropship kita bisa membangun bisnis, walau tanpa modal sekalipun.

Untuk pengertian Dropship sudah saya jabarkan dalam artikel 5 Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang di Shopee. Kalian bisa membacanya jika kalian belum paham tentang Dropship.

Karena pada artikel kali ini saya akan terfokus pada cara Dropship dari Shopee ke Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Marketplace Facebook. Untuk Marketplace Facebook sendiri saya akan memberikan cara sampai denangan COD.

Untuk Lebih jelasnya simak artikel berikut:

Cara Dropship dari Shopee ke Shopee.

Cara Dropship dari Shopee ke Shopee


Cara Dropship dari Shopee ke Shopee, atau transaksi yang dilakukan masih dalam Marketplace yang sama, sebenarnya sudah tidak bisa dilakukan dari tahun 2020 lalu.

Ini dikarenakan Pihak Shopee sudah tidak mengijikan Doble Transaksi, sehingga.kita sudah tidak dapat lagi mengirimkan resi yang sama dalam satu transaksi.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan terkait Dropship dari Shopee ke Shopee ini. Berikut Caranya:

1. Input No. Resi Yang Berbeda.

Karna Shopee tidak mengijinkan No. Resi yang sama, maka kalian bisa membuat No. Resi Baru. Caranya adalah setelah ada pembeli yang membeli barang kalian, dan kalian order ke Supplier di Shopee.

Tentu Supplier akan mengirim barang kealamat pembeli kalian. Lalu, Kalian akan mendapatkan No. Resi dari Supplier, namun No. Resi itu tidak akan bisa di input kembali ke toko kalian.

Lalu langkah selanjutnya, kalian harus menginput dengan No. Resi yang berbeda. Kalian bisa kirim dengan kartu ucapan terima kasih, dan kirim ke kurir pilihan klient.

Nanti kalian akan mendapatkan No. Resi, setelah itu input No. Resi itu di toko kalian. Jadi yang akan dikirim ke pembeli ada dua barang.

Satu barang dari Supplier dan yang satu lagi kartu ucapan terima kasih. Namun, cara ini kalian akan rugi ongkos kirim. Jadi harga barang itu sudah harus diperhitungankan dengan perkiraan ongkos kirim.

2. Riset Supplier di Shopee dan cari Supplier Yang Sama Di Marketplace Lain.

Jika kalian sudah menemukan Supplier yang bagus di Shopee, selanjutnya kalian riset dan cari di Marketplace lain, seperti Tokopedia, Lazada ataupun Marketplace Facebook.

Untuk cara ceknya sangat sederhana, kalian bisa mengetikan dikolom perncarian yang disediakan Marketplace lain, setelah itu carilah barang yang sama yang dijual di Shopee. Lalu kalian order barang itu dari Marketplace lain.

3. Order Via Whatsapp

Cara ini lebih simple, kalian cukup WA Supplier kalian yang ada di Shopee setelah ada pembeli yang membeli barang ditoko kalian. Namun sayangnya, tidak semua Supplier mau dengan cara ini.

Karena mungkin saja Supplier yang kalian hubungi sibuk. Jadi, kalian harus riset Supplier kalian dahulu, apakah mereka bisa menerima order via WA atau tidak.

Hanya itu cara yang bisa kalian lakukan untuk Dropship dari Shopee ke Shopee. Saya berharap kalian mengerti terkait system Dropship ini.

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia.

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia


Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia ditahun ini masih bisa. Lalu bagimana caranya? berikut step by step:

1. Cari Suplier di Shopee Sesuai Dengan Orderan.

Saat kalian Menerima Orderan di Tokopedia anda, kalian bisa mencari Supplier di Shopee yang menjual barang yang sama dan harga yang lebih murah dari toko kalian di Tokopedia.

Agar kalian bisa mendapatkan untung dalam Dropship ini, kalian harus bisa meriset atau mencari Suplpier dengan selisih harga dari barang yang kalian jual di Tokopedia.

2. Lakukan Transaksi Ke Supplier Shopee.

Lalu buka akun shopee kalian dan lakukan transaksi ke Supplier yang sudah kalian targetkan. Kalian bisa sesuaikan kurirnya.

Saran saya, jangan gunakan layanan gratis ongkir di Shopee maupun Tokopedia, ini bertujuan agar kalian bisa mengganti jasa kurir yang menjadi pilihan pembeli di Tokopedia.

3. Ganti Alamat Pengiriman.

Setelah kalian berhasil melakukan pembelian, kalian harus mengganti alamat tujuan pengiriman sesuai dengan alamat pembeli kalian di Tokopedia.

4. Input No. Resi Di Tokopedia

Jika kalian sudah berhasil melakukan transaksi di Shopee, kalian akan mendapatkan No. Resi dari Supplier Shopee kalian.

Lalu kalian masuk ke akun Tokopedia dan masukan Resi yang sudah diberikan oleh Supplier kalian ke toko klaian yang berada di Tokopedia.

yang perlu diingat pada tahap ini, kalian harus samakan kurir yang ada di Shopee dan Tokopedia, agar tidak terjadi kesalahan data No. Resi.

Seperti itulah tahapan Dropship dari Shopee ke Tokopedia, sangatlah mudah. Namun, terkadang kita menemukan kendala saat menu ganti kurir itu tidak ada.

Pemecah masalah ini, kalian bisa meminta bantuan pihak Tokopedia dengan cara, cari menu Bantuan Tokopedi Care, lalu pilih transaksi yang bermasalah tadi, lalu Klik Chat Sekarang.

Pada kolam Chat, kalian ketikan saja ingin mengganti No. Resi dan ingin mengganti kurir. Setelah mendapat balasan, kalian bisa mengikuti step by step yang diberikan pihak Tokopedia.

Cara Dropship dari Shopee ke Lazada.

Cara Dropship dari Shopee ke Lazada


Cara Dropship dari Shopee ke Lazada hampir sama dengan cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia, yang membedakan dalah diproses pemesanan dan menu pada Lazada. Berikut step by Stepnya:

1. Cari Supplier di Shopee sesuai dengan Orderan.

Seperti pada tahap awal tadi, setelah kalian mendapatka orderan, kalian harus mencari Supplier di Shopee dengan jenis barang yang sama dan harga yang lebih murah.

Yang perlu di ingat, sebelum kalian transaksi dengan Supplier kalian, kalian harus pastikan dulu Supplier kalian bisa mengirim dengan LEX. Agar kalian tidak kesulitan nantinya.

2. Lakukan Transaksi Ke Supplier Shopee.

Jika kalian sudah menemukan Supplier yang cocok di Shopee, kalian bisa melakukan transaksi. Mintalah pengiriman melalui kurir LEX.

3. Ganti Alamat Pengirim.

Setelah kalian melakukan transaksi di Shopee, kalian harus mengganti alamat pengiriman sesuai dengan alamat pembeli kalian yang ada di Lazada.

4. Input No. Resi Di Lazada

Ini mengapa saya mengatakan tanyakan dulu ke Supplier jika menggunakan kurir LEX. Karena, Lazada memiliki kurir sendiri dan sulit mengganti kurir di Lazada.

Namun jika ini bermasalah. Kalian bisa menggunakan pihak ketiga seperti Crewdible, untuk mendapatkan No. Resi, agar tetap bisa bertransaksi.

Itulah tahap demi tahap untuk Dripship dari Shopee ke Lazada. Memang sedikit rumit, karena pembatasan kurir yang berdampak ke No. Resi.

Cara Dropship dari Shopee Ke Bukalapak.

Cara Dropship dari Shopee ke Bukalapak


Cara Dropship dari Shopee ke Bukalapak caranya sama persis dengan Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia. Tidak ada yang berbeda. Mungkin menu yang terdapat pada Bukalapak saja yang membedakan. Caranya seperti berikut:

1. Cari Suplier di Shopee Sesuai Dengan Orderan.

Saat kalian Menerima Orderan di Bukalapak kalian, kalian bisa mencari Supplier di Shopee yang menjual barang yang sama dan harga yang lebih murah dari toko kalian di Bukalapak.

2. Lakukan Transaksi Ke Supplier Shopee.

Lalu buka akun shopee kalian dan lakukan transaksi ke Supplier yang sudah kalian targetkan. Kalian bisa sesuaikan kurirnya.

Saran saya, jangan gunakan layanan gratis ongkir di Shopee maupun Bukalapak, ini bertujuan agar kalian bisa mengganti jasa kurir yang menjadi pilihan pembeli di Bukalapak.

3. Ganti Alamat Pengiriman.

Setelah kalian berhasil melakukan pembelian, kalian harus mengganti alamat tujuan pengiriman sesuai dengan alamat pembeli kalian di Tokopedia.

4. Input No. Resi Di Bukalapak

Jika kalian sudah berhasil melakukan transaksi di Shopee, kalian akan mendapatkan No. Resi dari Supplier Shopee kalian.

Lalu kalian masuk ke akun Bukalapak dan masukan Resi yang sudah diberikan oleh Supplier kalian ke toko klaian yang berada di Bukalapak.

yang perlu diingat pada tahap ini, kalian harus samakan kurir yang ada di Shopee dan Bukalapak, agar tidak terjadi kesalahan data No. Resi.

Seperti itulah tahapan Dropship dari Shopee ke Bukalapak, sangatlah mudah. Karna step by stepnya sama persis, tidak ada perpedaan sama sekali.

Cara Dropship Dari Shopee ke Facebook Marketplace.

Cara Dropship dari Shopee ke Facebook Marketplace


Cara Dropship dari Shopee ke Facebook Marketplace caranya sama persis dengan Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia. Hanya berbeda pada tahap akhir saja.

Berikut tahap demi tahap Dropship dari Shopee ke Facebook Marketplace

1. Cari Suplier di Shopee Sesuai Dengan Orderan.

Saat kalian Menerima Orderan di Facebook Marketplace kalian, kalian bisa mencari Supplier di Shopee yang menjual barang yang sama dan harga yang lebih murah dari Facebook Marketplace kalian.

2. Lakukan Transaksi Ke Supplier Shopee.

Lalu buka akun shopee kalian dan lakukan transaksi ke Supplier yang sudah kalian targetkan. Kalian bisa sesuaikan kurirnya.

Dalam proses ini kalian bebas memilih kurir dan kalian bisa menggunakan gratis ongkir jika ada.

3. Ganti Alamat Pengiriman.

Setelah kalian berhasil melakukan pembelian, kalian harus mengganti alamat tujuan pengiriman sesuai dengan alamat pembeli kalian di Facebook Marketplace. Lalu kalian hanya tunggu barang sampai di pembeli kalian.

Seperti itulah tahapan Dropship dari Shopee ke Facebook Marketplace, sangatlah mudah. Karna step by stepnya sama persis, hanya berbeda pada tahap akhir saja, yaitu No. Resi. Dan lebih enaknya lagi, kalian tidak perlu membuka toko.

Untuk Facebook COD kalian bisa kirim kealamat kalian, setelah barang sampai kalian bisa melakukan COD secara manual.


Itulah cara menjadi Dropship dari Shopee ke banyak Marketplace. Poin penting pada sistem Dropsih bukanlah bagaimana caranya bisa order dari satu toko ketoko lain. Tetapi, lebih tertuju pada bagaimana kalian bisa untung

Semoga info ini bermanfaat. Terus belajar dan terapkan ilmu yang kalian dapat. Bersabarlah, karena tidak ada yang instan dalam berjualan. Selamat Jualan.